Simak! Jenis - Jenis Lisensi Windows Yang Perlu Diketahui

Jenis - Jenis Lisensi Windows

Lisensi Windows adalah salah satu peraturan yang dibuat oleh developer pembuat software. Peraturan ini dibuat dengan tujuan agar dapat mengatur cara penggunaan dan pendistribusian software pada sourse code

Lisensi ini adalah lisensi yang secara legal mendapatkan pengesahan dari penegak hukum yang berlaku. Peraturan ini bisa berupa peraturan tertulis atau tidak sesuai pembuatan lisensi. 

Jadi dengan demikian lisesnsi ini tidak hanya dapat digunakan secara teknis. Akan tetapi harus memperhatian peraturan yang dibuat oleh developer. Sehingga ketika menggunakan software dapat bersantai tanpa harus menghiraukan hukum. 

Sebab terhindar dari pelanggaran kelegalan software yang akan menimbulkan masalah jika ketahuan developer. Karena developer sendiri telah membuat peraturan yang cukup baik agar tidak terjadi kecurangan.

Jenis-jenis Lisensi Windows

Semua jenis software akan memiliki hak cipta dan peraturan berlaku yang dikeluarkan oleh masing-masing developernya. Sebab peraturan ini akan mengatur segala macam distribusi dan penggunaan sebuah program. 

Di bawah ini adalah beberpa jenis lisensi Windows yang bisa disimak agar menjdi lebih paham. Langsung saja masuk dalam pembahasan lisesnsi Windows yang akan dibahas oleh artikel ini:

OEM atau Original Equipment Manufacturer 

Jenis lisensi ini menempel pada hardware (Main board) selama belum gantinya. Apabila kerusakan terjadi, menuntut untuk menggantinya dengan model yang serupa seperti sebelumnya. 

Lisensi akan tetap berlaku pada hardware yang masih dalam keadaan bawaan. Namun apabila hardware bawaan diganti, dan penggantian ini tidak sama seperti sebelumnya, maka lisensi jenis ini tidak berlaku lagi.  

Penggantian komponen seperti meng-upgrade vga storage atau RAM masih bisa ditolerir, meskipun Windows meminta aktivasi lagi Jenis lisensi ini menempel pada komponen hardware bawaan.

OLP atau Open License Program

Lisensi ini memiliki banderol harga lebih tinggi dari jenis lisensi OEM dan tidak dijual ecer. Untuk bisa membeli lisensi ini memiliki syarat minimal pembelanjaan 5 lisensi, sebab lisensi ini menempelnya pada perusahaan.

Sehingga lisensi ini berlaku sesuai jenis perusahaannya. Akan tetapi ketika sudah menginstall Windows ini tempelkan COA ya, sebagai tanda pengenal OS resmi. 

FPP atau Full Packet Product

Lisensi jenis ini dipegang bebas oleh pembeli lisensi dan dapat berganti-ganti perangkat semaunya. Akan tetapi perlu diingat 1 lisensi hanya bisa digunakan/diaktivasi dalam 1 komputer saja. 

Biasanya lisensi ini memberikan kelengkapan box buku manual CD dan Serial number/sertifikat. Akan tetapi banderol harga lisensi ini jauh lebih tinggi dari pada jenis lisensi lain, sehingga harus banyak mempertimbangkan. 

Itulah tadi pengertian dari lisensi Windows dan jenis-jenisnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru tentang lisensi software ya.

Semoga bermanfaat