Klaksonmu Harimaumu

Leave a Comment
Klaksonmu Harimaumu,
Klakson adalah salah satu perlengkapan standar dari kendaraan bermotor. Bunyi klakson identik dengan arus lalu lintas. Macet ataupun lalu lintas lancar banyak terdengar bunyi klakson. Bunyi klakson sudah menjadi bagian dari sibuknya kota besar.


Membuyikan klakson saat berada di keramaian lalu lintas sebenarnya ada aturan atau tata krama. Klakson digunakan untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan di depan pengendara lain atau pejalan kaki untuk memberikan jalan atau sekedar isyarat berhati-hati. Membunyikan klakson adalah cerminan diri kita saat berkendara. Ada pepatah mengatakan Mulutmu Harimaumu. Nah, dalam berkendara berarti klaksonmu adalah harimaumu. Artinya bunyi klakson yang kita buat sama dengan cara kita berbicara dengan orang lain.

Kita bisa lihat peraturan atau tata krama dalam membunyikan klakson di Youtube atau melihat artikel-artikel yang ada di Internet. Tapi yang terjadi adalah penggunaan klakson menurut penulis sudah tidak sesuai dengan aturan. Contoh kecil adalah saat di traffic light. Saat kita menunggu lampu hijau, di detik ke lima saat masih lampu merah bunyi klason sudah terdengar, padahal lampu masih merah, berubah ke lampu kuning pun belum sempat muncul. Contoh lain adalah saat pergantian ke lampu hijau yang baru berselang 1 detik pun suara klakson sudah terdengar kemana-mana, ya ampun. Yang paling ekstrim penulis temukan pernah dalam situasi lampu masih merah, tetapi keadaan perempatan di sebrang sepi atau hanya dilalui 1 2 motor saja bunyi klakson sudah terdengar.  Sebagai pengendara pasti hal itu sangat mengganggu. Bagaimana tidak,  seharusnya suara klakson pada saat itu tidak harus kita didengarkan. Menurut penulis siapa juga yang mau tinggal dijalan berlama-lama, tak harus diklakson pun pasti tetap jalankan?

Mungkin ini cerminan dari masarakat yang keras dan tak mau kalah. Sehingga penggunaan klakson saat berkendara dijadikan sebagai alat untuk mengintimidasi pengendera lain. Semoga kita dapat introspeksi dan mengesampingkan keegoisan kita dalam berkendara, terutama dalam penggunaan klakson. Berkendara dalam tanpa kebisingan bunyi klakson pasti kita juga enak dalam berkendara :) 
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment